Tuesday, February 23, 2016

FOPPSI Gelar Bimtek Dapodikdasmen, Pesertanya dari 24 Kabupaten/Kota

20 February 2016 TARKA, (GE),- Ratusan oprator yang tergabung dalam Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia (FOPPSI) menggelar kegiatan konsolidasi, sosialisasi serta Bimbingan tekhnik (Bimtek) Data Pokok Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Dasar dan Menengah (Dapodikdasmen). Dalam kegiatan ini hadir ratusan peserta dari 24 Kabupaten/Kota di Jawa Barat.
Gelaran acara khusus para oprator ini diprakarsai oleh FOPPSI Kabupaten Garut  yang bekerja sama dengan FOPPSI Pusat. Kegiatan yang mengusung tema “Mewujudkan Persatuan dan kesatuan Oprator Pendataan Pendidikan Provinsi Jawa Barat serta Menggairahkan Optimalisasi Tekhnologi Informasi  untuk Peningkatan Kualitas Data Pendidikan” ini dijadwalkan berlangsung selama dua hari (20-21/02/2016) di Hotel Paseban Jalan. Otistas Tarogong Kabupaten Garut.
Prosesi pembukaan acara ini berlangsung cukup meriah dengan menampilkan upacara Adat Sunda. Gelaran acara yang diikuti ratusan peserta ini secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan  Provinsi Jawa Barat yang diwakili Kasi PSMA. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa barat yang diwakiliKasi PSMA secara simbolik membuka acara dengan dintadai pemukulan gong.
Ketua Panitia Penyelenggara, Yusep Fatahudin dalam sambutannya menyatakan, kegitan ini digelar selain sebagai ajang silaturahmi para oprator pendataan pendidikan tingkat PAUD-SD-SMP-SMA se Jawa Barat,  juga untuk meningkatkan kemampuan tekhnologi informasi, khususnya terkait dengan berbagai aplikasi pendataan. Harapannya agar bisa menghasilkan output pendataan yang akurat dan berkualitas.
“Keberadaan oprator  pendataan pendidikan saat ini akan menjadi ruh dan ujung tombak pendataan pendidikan di tiap sekolahnya masing-masing. Oleh karena itu melalui kegiatan ini diharapkan ada  manfaat yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan  kemampuan bidang IT para Oprator.” Ungkapnya.
Dikatakannya, dalam melaksanakan tugasnya boleh dibilang tidak ringan. Misalnya, saat akan diterbitkan SK. Operator akan diburu-buru oleh guru, namun ketika saat pencairan hak honor operator ini kadangkala dilupakan.
“Itu hanya permasalahan kecil  yang sering menimpa para oprator sekolah.Tentunya ada banyak hal yang  melatarbelakangi hingga acara ini bisa digelar,” ujarnya.
Hal senada disampaikan oleh Koordinator acara FOPPSI Garut, Saepul Rohman, dengan Bimtek Dapodikdasmen diharapkan para oprator dapat meningkatkan kemampuan dalam mengelola  pendataan yang dibutuhkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
“Agendanya, kegiatan ini dijadwalkan selama dua hari, dengan menghadirkan pemateri-pemateri yang berkompeten dibidangnya. Saya juga mengucapkan terima kasih, secara khusus pada Garut-Express dan 9 TV Garut yang telah menjadi sponsor kegiatan ini.” Tandasnya. (TAF Senopati)***
Sumber : http://garut-express.com/foppsi-gelar-bimtek-dapodikdasmen-pesertanya-dari-24-kabupatenkota/

No comments: